20 Mei 2011

Rangkuman tugas softskill pertemuan 1-3

1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi Modern ???
  
  • Komputasi Modern merupakan sebuah proses perhitungan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan komputer. Komputer merupakan media dimana komputasi tersebut dilakukan. Karena penggunaan komputer inilah maka komputasi ini disebut dengan komputasi modern. proses pemecahan masalahnya menggunakan pendekatan matematika yang diambil dari inputan data dengan menggunakan algoritma.
2. Jelaskan sejarah komputasi modern ?
  • sejarah komputasi modern di mulai pada :
    • diperkenalkan oleh John Von Neumann karena mengeluarkan ide tentang arsitektur komputer dan sebagai penggagas komputasi Modern.
    • Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
    • Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
    • Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
    • The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
    • Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).
3. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi ?
  • komputasi adalah sebuah proses perhitungan matematika untuk menyelesaikan suatu masalah.
4. Apa yang kamu ketahui tentang paralel processing ?


  • Parallel processing merupakan teknik menggabungkan beberapa processor dalam memecahkan suatu masalah yang sangat besar. penggunaan pralel processing biasanya memiliki tujuan untuk meningkatkan performa komputer dalam melakukan komputasi. seperti yang sudah dijelaskan diatas. dengan parallel processing waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil lebih cepat atau hemat waktu dibandingkan dengan pemrosesan data yang hanya menggunakan satu buah processor. 
5. Bagaimana hubungan antara komputasi dengan paralel processing ?
  • Hubungan antara keduanya yaitu, dalam melakukan proses komputasi pada data yang sangat besar jika dengan menggunakan satu komputer dengan 1 CPU maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama. dengan menggunakan paralel processing masalah yang besar dapat dipecah-pecahkan dan ditangani oleh beberapa processor dengan waktu kerja bersamaan.
6.Apa yang kamu ketahui tentang bioinformatika dan jelaskan sejarah singkatnya !

  • bioinformatika berasala dari kata "bio" dan "informatika" yang merupakan gabungan antara 2 ilmu yaitu ilmu biologi dan tekhnologi informasi. yang merupakan suatu ilmu yang menerapkan teknik komputasional dalam mengelola dan menganalisis informasi biologis.
  • sejarah bioinformatika : 
    • 1950-an, kemajuan teknik biologi molekular dalam mengungkap sequens biologis dari protein.
    • 1960-an, pembuatan basis data dan pengembangan algoritma untuk sekuens biologis.
    • 1970-an, mulai dilakukan pengembangan basis data untuk sekuens DNA 
    • 1980-an, mengacu pada penerapan komputer pada ilmu biologi. 
    • 1980-an dan 1990-an, menjadi salah satu pembuka jalan bagi proyek-proyek pengungkapan genom, meningkatkan kebutuhan akan pengelolaan dan analisis sekuens, dan pada akhirnya menyebabkan lahirnya bioinformatika.
7. sebutkan cabang-cabang dalam bioinformatika dan penerapannya dalam bidang kedokteran ?
  • biophysics, merupakan penerapan teknik-teknik  ilmu fisika dalam memahami struktur dan fungsi biologi.
  • Computational biology, Fokus dari computational biology adalah gerak evolusi, populasi, dan biologi teoritis daripada biomedis dalam molekul dan sel.
  • Cheminformatics,  adalah kombinasi dari sintesis kimia, penyaringan biologis, dan pendekatan data-mining yang digunakan untuk penemuan dan pengembangan obat (Cambridge Healthech Institute’s Sixth Annual Cheminformatics conference). 
  • Genomics adalah setiap usaha untukmenganalisa atau membandingkan seluruh komplemen genetik dari satu spesies atau lebih. Secara logis tentu saja mungkin untuk membandingkan genom-genom dengan membandingkan kurang lebih suatu himpunan bagian dari gen di dalam genom yang representatif.
  • Pharmacogenetics adalah bagian dari pharmacogenomics yang menggunakan metode genomik/Bioinformatika untuk mengidentifikasi hubungan-hubungan genomik, contohnya SNP (Single Nucleotide Polymorphisms), karakteristik dari profil respons pasien tertentu dan menggunakan informasi-informasi tersebut untuk memberitahu administrasi dan pengembangan terapi pengobatan.

Dalam bidang ilmu kedokteran :
  • Bioinformatika dalam bidang klinis : Perananan Bioinformatika dalam bidang klinis ini sering juga disebut sebagai informatika klinis (clinical informatics). Aplikasi dari clinical informatics ini adalah berbentuk manajemen data-data klinis dari pasien melalui Electrical Medical Record (EMR).
  • Bioinformatika untuk identifikasi agent penyakit baru : Bioinformatika juga menyediakan tool yang esensial untuk identifikasi agent penyakit yang belum dikenal penyebabnya. Banyak sekali contoh-contoh penyakit baru (emerging diseases) yang muncul dalam dekade ini, dan diantaranya yang masih hangat di telinga kita tentu saja SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).
  • Bioinformatika untuk diagnosa penyakit baru : Untuk penyakit baru diperlukan diagnosa yang akurat sehingga bisa dibedakan dengan penyakit lain. Diagnosa yang akurat ini sangat diperlukan untuk penanganan pasien seperti pemberian obat dan perawatan yang tepat. Jika pasien terinfeksi virus influenza dengan panas tinggi, hanya akan sembuh jika diberi obat yang cocok untuk infeksi virus influenza. Sebaliknya, tidak akan sembuh kalau diberi obat untuk malaria. Karena itu, diagnosa yang tepat untuk suatu penyakit sangat diperlukan. 
  • Bioinformatika untuk penemuan obat : Usaha penemuan obat biasanya dilakukan dengan penemuan zat/senyawa yang bisa menekan perkembangbiakan suatu agent penyebab penyakit. Karena banyak faktor yang bisa mempengaruhi perkembangbiakan agent tersebut, faktor-faktor itulah yang dijadikan target.

referensi :

    0 komentar:

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More