7 Jan 2011

Istilah-istilah web

Sebelum belajar jauh tentang pemrogaman web, terlebih dahulu harus kenal dulu sama istilah-istilah dalam web. disini ada beberapa istilah yang sering dipakai dalam web.
  1. server, server adalah pemilik informasi yang menyediakan layanan atau service. server memiliki sistem operasi khusus network OS. ruang untuk server tidak boleh panas, memiliki RAM yang besar dan prosesor yang scalable.
  2. client, client adalah peminta layanan, atau yang melakukan request ke server untuk mendapat informasi yang di butuhkan.
  3. web server, komputer yang berfungsi menyimpan data web dan menangani permintaa untuk mengakses web.
  4. FTP server yaitu, server yang menangani File Transfer Protocol untuk upload dan download. Tukar menukar file menggunakan TCP koneksi dan bukan UDP
  5. Mail server, adalah server yang melayani email, dimana mail server mendistribusikan file atau informasi sebagai respons.
  6. web static, web yang dibangun dengan koding html murni. penambahan perubahan pada web dilakukan pada koding.
  7. web dinamic, web yang isinya dapat dirubah sesuai waktu dan keadaan.
  8. client side, segala macam proses yang terjadi dilakukan pada sisi client, artinya semuanya dilakukan pada web browser. sehingga script pogam dapat terlihat hanya dengan memilih view source.
  9. server side, segala proses yang berlangsung dilakukan disis sever, dan tidak bergantung pada jenis browser, karena scriptnya tidak dapat dilihat dengan view source. 
segitu aja dulu yah, sebagai bahan dasar untuk mengenal web lebih dekat gak ada salahnya belajar dari istilah-istilahnya .. thank you ... :)



0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More