9 Okt 2010

Koneksi Internet handphone dengan jaringan EDGE


 
Saat ini begitu banyak perangkat yang digunakan untuk mendapatkan koneksi internet. Modem dengan berbagai macam merek dan fasilitas ada dimana-mana, namun siluar dari pada itu bukanlah fasilitas yang menjamin modem itu dapat berfungsi dengan baik, karena semua itu bergantung pada sinyal untuk mendapatkan koneksi yang baik. Semakin baik sinyal yang didapat semakin baik pula koneksi.  Tidak perlu membeli modem jika anda memiliki handphone yang bisa mendukung koneksi internet.
Handphone dapat menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan bluetooth maupun usb cable data. Dengan menggunakan handphone sebagai alat untuk koneksi ke internet pada saat user sedang online, tidak akan terjadi ganggguan dengan jalur telepon.
Jaringan yang digunakan untuk melakukan koneksi antara lain GSM maupun CDMA, Koneksi yang didapat dengan menggunakan menggunakan GSM yitu G, EDGE, 3G, 3,5G.  Dan jika menggunakan CDMA yaitu CDMA 2000 yang hampir setara dengan 3G. Perhitungan yang digunakan juga per kilobyte, dengan kecepatan mulai dari 64kb sampai 2MB.

Apa itu koneksi EDGE ??
EDGE (Enhance Data rates for Global Evolution) juga dikenal sebagai Enhanced GPRS (EGPRS) atau IMT Single Carrier. merupakan kelalnjutan evolusi dari GSM dan IS-136 dengan tujuan pengembangan teknologi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efisiensi spektrum, dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas. Jaringan EDGE juga disebut sebagai teknologi 2.75G diperkenalkan pertama kali oleh Cingular (sekarang AT&T) di Amerika Serikat pada tahun 2003. Jaringan EDGE pada idealnya memiliki kecepatan mencapai 236 kbps.
EDGE distandarisasikan oelh 3GPP sebagai bagian dari keluarga GSm. MElalui pengenalan metode canggih coding dan mengirimkan data, EDGE memerikan sedikit lebih tinggi bunga per saluran radio, mengakibatkan tiga kali lipat peningkatan kapasitas kinerja dibandingkan dengan koneksi GSM / GPRS biasa. 

kelebihan dan kekurangan jaringan EDGE !
  • KELEBIHAN
 Dengan EDGE, operator selular dapat memberikan layanan komunikasi data
dengan kecepatan lebih tinggi dibanding GPRS (General Packet Radio Service),
di mana GPRS hanya mampu melakukan pengiriman data dengan kecepatan sekitar
25 Kbps. Begitu juga bila dibandingkan platform lain, kemampuan EDGE mencapai
3-4 kali kecepatan akses jalur kabel telepon (biasanya sekitar 30-40 kbps)
dan hampir 2 kali lipat kecepatan CDMA 2000 1X yang hanya sekitar 70-80
kbps.

Layanan berbasis teknologi EDGE berkemampuan memberikan berbagai aplikasi
layanan generasi ketiga, yakni: hiqh quality audio streaming, video steraming,
on line gaming. high speed download, hiqh speed network connection, push
to talk dan lain-Iain. Sejak pertengahan tahun 2000, platform teknologi
Internasional GERAN (GSM EDGE Radio Access Network) telah mengadopsi seluruh
spesifikasi 3GPP (third Generation Project Partnersip), hal ini menjadikan
teknologi EDGE masuk dalam kelompok teknologi yang memenuhi kualifikasi
generasi ketiga UMTS 3G.

  • KEKURANGAN
    • Msih dibawa 3G dan 3,5G

TEKNOLOGI
EDGE / EGPRS diimplementasikan sebagai baut pada perangkat tambahan untuk 2,5GSM/GPRS jaringan.  EDGE tidak membutuhkan perubahan perangkat keras atau perangkat lunak yang akan dibuat pada GSM jaringan inti. Unit transceiver EDGE yang kompatibel harus terpasang dan subsistem base station perlu ditingkatkan untuk mendukung EDGE. Jika operator sudah memiliki ini di tempat, yang sering terjadi saat ini, jaringan dapat ditingkatkan untuk EDGE dengan mengaktifkan fitur perangkat lunak opsional.EDGE  telah didukung oleh semua vendor chip utama untuk kedua GSM dan WCDMA / HSPA.
TEKNIK TRANSMISI
EDGE menghasilkan 3bit untuk setiap perubahan dalam tahap pembawa. Hal ini lebih 3x lipat dibandingkan dengan kecepatan yang ditawarkan oleh GSM. EDGE menggunakan algoritma adaptasi  yang beradaptasi dan pengkodean skema modulasi (MCS) sesuai dengan kualitas saluran radio.  EDGE bias membawa sebuah bandwith hingga 236,8 Kbit/s untuk 4 timeslots dalam modus paket. Hal ini berarti EDGE dapat menangani 4x lebih banyak lalu lintas sebagai standar GPRS. EDGE juga telah diterima oleh ITU sebagai bagian dari IMT-2000 atau keluarga 3G standar.


daftar pustaka
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Enhanced_Data_Rates_for_GSM_Evolution
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Enhanced_Data_Rates_for_GSM_Evolution

2 komentar:

jaringan edge biasanya disimbolkan dengan E pada handphone ???? atau bukan ?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More