9 Okt 2010

CMS dengan DRUPAL


a. Latar Belakang
Perkembangan pesat di ruang lingkup internet merambah luas, saat ini internet bukan hanya sebagai kehidupan maya semata tapi berangsur-angsur lebih real dan memudahkan pengguna internet. Kehadiran aplikasi –aplikasi E-bussiness dan Ecommerce merupakan bagian dari aplikasi berbasis Content Management System. CMS merupakan aplikasi pengelolaan sebuah website sehingga dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Sebagai salah satu contoh aplikasi CMS yang sering digunakan saat ini adalah Drupal.
b. Tentang Drupal
Drupal adalah sebuah aplikasi sistem manajemen konten yang open source dibawah lisensi GPL. Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang drupal diseluruh dunia. Kegunaannya antara lain untuk membangun :
• Portal web komunitas
• Situs diskusi
• Website perusahaan
• Aplikasi Internal
• Website perseorangan atau Blog
• Aplikasi E-Commerce
• Situs jaringan sosial

Drupal merupakan aplikasi yang dapat langsung digunakan dengan berbagai fungsi, drupal dapat dikombinasikan dengan berbagai fitur, sehingga dapat berfungsi dengan nilai tambah yang lebih, salah satunya dengan menggunakan ubercart, dengan ubercart drupal dapat difungsikan sebagai shoping cart.

Drupal dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP, dan juga dapat berjalan diberbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dan freeBSD. Drupal merupakan salah satu CMS terbaik, bahakan kemampuannya dengan adanya API drupal juga digunakan sebagai framework dalam membangun aplikasi web CMF.
Konsep Drupal

• Node.
Adalah satuan konten yang terdapat dalam drupal. Sebuah node dapat merupakan blog, topik forum, berita, halaman statis, gambar, video, dll. Kumpulan node inilah yang membentuk keseluruhan konten dalam sebuah website berbasis drupal.

• Taxonomy
Taxonomy digunakan untuk mengaktegorikan konten, dengan adanya taxonomy satuan konten dapat diaktegorikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

• Comment
Merupakan tanggapan terhadap sebuah node yang ditulis oleh user.

• Menu
Sistem menu drupal adalah sistem penanganan request melalui URL. Jika Clean URL tidak diaktifkan, maka setiap query string yang berbentuk ?q= akan ditangani oleh sistem menu.

• Theme
Tampilan luar dari sebuah website Drupal. Sistem theme mengatur bagaimana website ditampilkan. Antara lain layout halaman, penempatan block, style dan lainnya. Theme dapat diubah-ubah dengan memilih theme yang tersedia.

• Hook
User tidak pernah menyadari keberadaan konsep ini dalam drupal, kecuali merkea adalah developer. Hook adalah metode yang digunakan drupal agar setiap modul dapat menambahkan fungsi tertentu. Sebagai contoh modul dapat menambah menu baru dngan cara mendefinisikan fungsi modul yang akan menjamin Drupal tidak akan lupa memperhitungkan keberadaan menu tersebut saat diperlukan.

C. Success Story
ternyata DRUPAL bukan hanya sebuah CMS biasa, drupal memberi nilai tambah yang lebih bagi peluang keberhasilan usaha anda. dengan drupal begitu banyak user atau pengguna drupal berbagi cerita sukses akan keberhasilan bisnisnya dengan menggunakan CMS ini. salah satunya adalah Airport Parking.com . Anda dapat membaca kisah sukses pembangun website airport parking yang menyatakan bahwa Drupal telah mendukung perkembangan bisnisnya karena memberi ide-ide komersial yang cepat menjadi kenyataan dan sangat efisien.

daftar pustaka

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More