13 Nov 2010

CIM - Corporate Information Mangement


Manajemen Perusahaan, Strategi  Manajemen untuk Perusahaan


Dalam sebuah perusahaan yang terpenting adalah bagaimana seluruh pekerjaan dalam sebuah perusahaan dapat di manage atau diatur, sehingga bisa berjalan dengan sebaik mungkin untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.
Dalam hal pengertian manajemen, menurut tokoh Ricky W.Griffin
“ manajemen diartikan sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan oengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien”  (dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen).

A.  Untuk melaksanakan agar tercapainya tujuan dari perusahan tersebut, maka management sebuah perusahaan memerlukan sumber daya yang mendukung yaitu 6M :
1.       Man, manusia merupakan sumber daya yang paling penting dalam menjalankan sebuah manajemen. Dimana peranannya mencakup segala aspek untuk mencapai tujuan dari perusahaan yang dikelolanya. Pekerjaan yang dilakukan oleh manusia mulai dari merencanakan, hingga terlaksananya proses, dan mendapatkan hasil yaitu tujuan yang dicapai.
2.       Money, uang adalah faktor pendukung namun pastinya sangat memiliki peranan. Untuk melaksanakan semua kegiatan manajemen pasti memerlukan uang. Uang juga dipakai untuk mengukur seberapa besar suatu kegiatan yang dilakukan berdasarkan jumlah anggaran yang keluar.
3.       Material, manusia tidak dapat mengerjakan kegiatan-kegiatan tanpa menggunakan material. Material bisa diartikan sebagai bahan yang dipakai untuk di olah atau juga disebut bahan setengah jadi, maupun bahan yang sudah diolah tapi harus dikelola bersama material lain untuk membentuk tujuan.
4.       Machine, saat ini peranan mesin dalam kehidupan manusia sangatlah besar, manusia dan mesin seakan sangat sulit untuk terpisahkan, karena mesin mendukung penuh kinerja manusia, meringankan kerja manusia, mempercepat proses kerja, sehingga memberi kemudahan untuk mencapai tujuan.
5.       Metode, pelaksanaan suatu tugas bergantung dari cara bagaimana tugas itu  diselesaikan. Itulah yang dimaksud dengan metode. Namun metode tidak berpengaruh besar terhadap sebuah manajemen apabila sumber daya manusia manajement tersebut memiliki kemampuan yang terbatas.
6.       Market, peranan pasar sangat penting dalam hal kesuksesan. Suksesnya suatu proyek bergantung bagaimana tanggapan pasar terhadap proyek tersebut. Hal ini merupakan faktor penentu bagi perusahaan untuk tetap mempertahankan proyeknya ataupun mencari proyek baru yang lebih menarik perhatian pasar. 

B. SRATEGI MANAJEMEN – SRATEGI SEGITIGA oleh Kenichi Ohmae
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang startegi segitiga, startegi ini diperkenalkan oleh Kenichi Ohmae. Menurut beliau dalam yang harus ditekankan dalaam sebuah perusahaan anda tiga faktor yaitu ;
·         Perusahaan itu sendiri,
·         Pelanggan,
·         Pesaing
Sebuah perusahaan terlebih dahulu harus mementingkan kepentingan pelanggan dibandingkan kepentingan para pemegang saham. Perusahaan yang benar-banr menomersatukan pelanggannya adalah salah satu yang menarik investor. Dalam hubungannya dengan pesaing, perusahaan dapat mencari sela dengan menggunakan pelanggan, dengan memperhatikan apa sebenarnya yang dicari oleh pelanggan utama. (dibaca dari : http://www.valuebasedmanagement.net/methods_3C's.html)

C. Metode Manajemen disaat Krisis
Tidak ada perusahaan yang menginginkan terjadinya krisis didalam perusahaan yang mereka kelola. Tapi dalam pembahsan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menghadapi krisis, sesuai dengan yang sudah saya baca dari sumber : Value Based Management.net . dalam artikel Metode Manajemen Krisis saya mendapatkan beberap tips dalam menghadapi krisis manajemen :
1.       Mempersiapkan rencana kontinjensi ke depan, artinya mempersiapkan anggota atau tim yang dilatih untuk menghadapi krisis.
2.       Bergerak cepat, karena media dengan cepat dapat memperoeh informasi tentang keadaan yang terjadi.
3.       Gunakan konsultan manajemn krisis, nasihat dari konsultan sangat membantu, karena mereka ahli dalamhal ini.
4.       Berikan informasi yang akurat dan benar, karena jika memanipulasi informasi yang serius malah akan menjadi bumerang bagi perusahaan dibagian eksternal maupun internal.
5.       Mempertimbangkan kerugian, bukan hanya jangka pendek tapi juga jangka panjang.
(dibacadari: http://www.valuebasedmanagement.net/methods_crisis_management_advice.html)


D. Peralatan Optimisasi Manajemen

Dalam rangka mencapai sebuah strategi, manajemen memerlukan beberapa hal, yaitu :
·         Benchmarking, proses spesifik yang mengaharuskan perusahaan melakukan hal yang lebih baik dari yang telah dilakukan sebelumnya, contohnya, perusahaan dapat mencari hal-hal yang baru di lingkungan luar perusahaan untuk memperbaiki teknik strateginya.
·         Total Quality Management, ini adalah sebuah metode dari manajemen informasi untuk menambah pelayanan terhadap kebutuhan para konsumen, bisa dilakukan dari segi pelayanan produk dan jasa.
·         Reengineering, memperbaiki kembali sumber daya yang adala dalam perusahaan dimana sumber daya tersebut kurang berperan dalam perusahaan.
·         The Learning Organization, yaitu sebuah metode manajemen untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menata organisasi untuk mengendalikan kebijakan kearah yang lebih baik.
Demikianlah artikel yang saya buat ini kiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

1 komentar:

nambah beberapa gambar atau tabel ttg pengertian CIM biar lebihh jelas n enak di baca..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More